• SMA NEGERI 1 GARUT
  • SEKOLAH RUJUKAN DI KABUPATEN GARUT

SMAN 1 Garut Kembali Diverifikasi Tim LSS Tingkat Nasional 2018

 

POROS GARUT-SMAN 1 Garut yang ditunjuk mewakili Jawa Barat pada ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2018, kembali  menerima tim Verifikasi LSS Tingkat Nasional, Rabu pagi (5/9/2018).

Tim yang diketua Agus Suharyanto, diterima langsung Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., didampingi Kepala SMAN 1 Garut, Drs. Achdiat Kusdani, M.Pd, di ruang rapat SMAN 1 Garut. Turut hadir Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Drs. Didit Fajar Putradi, M.Si., para kepala SKPD, serta guru dan siswa setempat.

SMAN 1 Garut maju ke LSS tingkat nasional untuk bersaing dengan sekolah dari Provinsi Jambi, Kalimantan Barat, Yogyakarta, Sumatera Selatan, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Bengkulu.

Kepala SMAN 1 Garut, Drs. H. Achdiyat Kusdani, M. Pd mengatakan, sekolah yang berdiri pada tahun 1958 ini memiliki 1350 siswa-siswi dan 37 kelas.

Berbagai prestasi telah diraih oleh SMAN 1 Garut, di antaranya beberapa kali menjuarai berbagai lomba dalam berbagai tingkat, mulai kabupaten, provinsi hingga nasional. Dalam kaitannya dengan Lomba Sekolah Sehat,  SMA tertua di Kabupaten Garut ini memang telah menerapkan berbagai budaya sehat untuk anak didiknya.

“Berbagai program yang kita galakan di bidang kesehatan , selain siswa mendapat pelayanan kesehatan, anak-anak sudah dibiasakan membuang sampah sepulang sekolah, bahkan di di luar sekolah kami melaksanakan ‘Operasi Semut’ di lapangan Kerkoff dan di area Car Free Day yang dilaksanakan sebulan sekali. Operasi itu dilakukan dengan cara memungut sampah serta sosialisasi anti merokok di angkutan umum,” ujar Ahdiat Kusnadi di hadapan Bupati Rudy Gunawan dan Tim Verifikasi LSS Tingkat Nasional.

6. Calon peserta didik SMA jalur prestasi dapat memilih 3 (tiga) sekolah di dalam atau luar zonasi domisili calon peserta didik. 7. Calon peserta didik jalur perpindahan dapat memilih 3 (tiga) sekolah pada satu atau dua zona di luar zona dan atau kecamatan domisili calon peserta didik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPDB Jawa Barat Dibuka Serentak Hari Ini, Berikut Cara Mudah Daftarnya", https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/17/06542061/ppdb-jawa-barat-dibuka-serentak-hari-ini-berikut-cara-mudah-daftarnya.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo
KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) 2019 Provinsi Jawa Barat dimulai serentak hari ini 17 Juni 2019 dan akan berlangsung hingga 22 Juni 2019. Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat ( Jabar) sekaligus Ketua Panitia PPDB 2019, Iwa Karniwa telah menyatakan kesiapan PPDB seluruh SMA/SMK/SLB di Jawa Barat (13/6/2019). "Secara keseluruhan, PPDB di Jabar sudah siap dilaksanakan. Insya Allah sama, bahkan lebih baik dari PPDB tahun sebelumnya," ungkap Iwa. Penambahan kuota Indikator kesiapan tersebut, meliputi ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, penguasaan informasi PPDB dari panitia penyelenggara, telah dilaksanakannya sosialisasi kepada masyarakat serta uji coba penerapan sistem PPDB di seluruh sekolah di Jabar. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika menyampaikan telah menambah kuota PPDB 2019 sebanyak 7 persen atau sekitar 18 ribu kursi. Baca juga: Tambah Kuota, Jawa Barat Siap Gelar PPDB 2019 "Setelah dijumlahkan, kurang lebih ada 18 ribu kuota tambahan di sekolah negeri. Untuk pembagiannya tentu berbeda antara satu kota dan kabupaten lainnya. Kita harus buat langkah antisipasi agar evaluasi PPDB tahun kemarin bisa diterapkan dengan benar," jelasnya. Tahapan pendaftaran Dilansir dari Petunjuk Teknis (Juknis) resmi PPDB Jawa Barat, berikut tahapan pendaftaran PPDB 2019 Provinsi Jawa Barat: 1. Calon peserta didik melakukan pendaftaran ke sekolah pilihan pertama. 2. Pendaftaran secara daring dengan bantuan operator sekolah dengan cara mengunjungi laman PPDB Provinsi Jawa Barat di http:// ppdb.disdik.jabarprov.go.id. 3. Calon peserta didik hanya dapat memilih satu jalur PPDB dari 3 (tiga) jalur yaitu zonasi atau prestasi atau perpindahan. 4. Calon peserta didik SMA jalur zonasi (termasuk KETM) dapat memilih : sekolah pilihan ke satu dan pilihan ke dua dalam zona yang sesuai tempat domisili sekolah pilihan ke tiga pada zona lain terdekat tempat domisili 5. Selain melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur zonasi sesuai dengan domisili dalam zonasi yang telah ditetapkan, calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB melalui jalur prestasi di luar zonasi domisili peserta didik. 6. Calon peserta didik SMA jalur prestasi dapat memilih 3 (tiga) sekolah di dalam atau luar zonasi domisili calon peserta didik. 7. Calon peserta didik jalur perpindahan dapat memilih 3 (tiga) sekolah pada satu atau dua zona di luar zona dan atau kecamatan domisili calon peserta didik. 8. Sekolah pilihan ke tiga pada jalur zonasi, prestasi atau pindahan ditujukan untuk penyaluran jika kuota di sekolah pilihan ketiga belum terpenuhi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPDB Jawa Barat Dibuka Serentak Hari Ini, Berikut Cara Mudah Daftarnya", https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/17/06542061/ppdb-jawa-barat-dibuka-serentak-hari-ini-berikut-cara-mudah-daftarnya.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Reuni AKbar SMAN 1 Garut 1961 - 2019

BERTEMU dan berkumpul dengan kawan-kawan lama, membuat memori tentang saat-saat bercengkrama dan candatawa seperti hadir kembali. Itulah yang yang terjadi saat alumni Sekolah Menengah A

28/09/2019 16:41 WIB - Administrator
Perkemahan SMAN 1 Garut

(Garut 12 Sept 2019)., Kepramukaan merupakan salah satu bentuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan pramuka pada umumnya diminati oleh semua siswa karena memang sangat menyenan

17/09/2019 11:59 WIB - Administrator
Lulusan SMAN 1 Garut Melanjutkan Study Melebihi 100%

KANDAGA.ID – Sejumlah 478 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Garut di Jl. Merdeka No. 91, Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Data sementara ya

03/09/2019 11:43 WIB - Administrator
SMAN 1 Garut Terbaik se-Jawa Barat

Peserta didik lulus SMAN 1 Garut tahun pelajaran 2017/2018 yang melanjutkan ke perguruan tinggi lebih dari 100%, dikarenakan ada yang lebih dari satu diterima di Perguruan Tinggi Negeri

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
SMAN 1 Garut Raih Juara I Best Achievement Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Mewakili Jawa Barat di ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2018, SMAN 1 Garut akhirnya meraih juara 1 Best Achievement di ajang Lomba Sekolah Sehat. Kepala SMAN 1 Garut Drs

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Penambahan Kuota Prestasi, PPDB Jabar Tetap Berlakukan Aturan Sama

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pada Kamis (20/6/2019) malam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merevisi Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Did

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator